Saturday 17 December 2016

15 Karya Anak Menggunakan Media Limbah Sendok Plastik

15 Karya Anak Menggunakan Media Limbah Sendok Plastik

PAUD Jabar-15 Karya Anak Menggunakan Media Limbah Sendok Plastik, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas untuk anak, kerajinan dari limbah, termasuk kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat. Dalam Kurikulum 2013, Alat Peraga Edukatif (APE) dalam proses pembelajaran Selain memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita, juga diharapkan dapat berkreasi dan mandiri sesuai dengan Tema Rencana Program Pembelajaran yang dilaksanakan pada RKM/RPPM minggu dan RKH/RPPH hari tersebut.
Contoh, Pada RPPM Kelompok B untuk Minggu Ke-5 Semester 1, Dengan Tema : Keluargaku, SubTema : Ulang Tahun Kakakku, nah dalam indikator Pencapaian Pembelajaran pada Kegiatannya disebutkan :
  • Terbiasa Berprilaku Sopan Santun 
  • Bercerita dengan Kalimat Sederhana 
  • Menggambar kue Ulang Tahun 
  • Menyanyi “Bila Umurku bertambah” 
  • Membuat Topi Ulang Tahun 
  • Menulis Kalimat Sederhana 
  • Melakukan Ritmik bebasdapat menjalankan sensor motorik anak 
Contoh RPPM Kel B Minggu 6 Tema Keluargaku, Subtema Anggota Keluarga (1), Download

Dari Pencapaian tersebut ada beberapa poin dimana dalam proses pencapaian pembelajaranya menggunaka Alat Peraga Edukatif, Misalnya Poin no 3, 5. untuk Membuat Sendiri Alat Peraga Edukatif tersebut tentu membutuhkan Alat dan Bahan. sebagaimana tertulis dalam SUMBER DAN MEDIA BELAJAR, Yakni : Kertas Karton, Kertas Warna, Kertas Krep, biskuai, Kertas Gambar, Pensil. Seperti kita lihat untuk bahan media pembelajarannya pun terdiri dari apa yang da disekitar kita. saya rasa tidak memberatkan bukan?.

Lalu kita ambil satu contoh lagi, pada poin ke 5 indikator pencapaian Pembelajaran, jelas disebutkan bahwa anak harus membuat topi ulang tahun. maka diambillah beberapa bahan media belajar seperti Kertas Karton (untuk membuat topi Ulang Tahunnya.), Kertas Warna (untuk menghias Topi Ulang tahunnya) bahkan bisa saja ditempelkan daun2 kering untuk menghiasnya juga. 

Sekarang yanga akan saya coba bagikan adalah contoh kreasi dengan menggunakan media atau bahan dari limbah/sendok Plastik. bunda semua pasti punya sendok di rumah, tapi yang di maksudkan di sini adalah limbah sendok plastik. biasanya berwarna putih, ataupun supaya lebih indah bisa diberi cat/pewarna, dengan berbagai warna.

selain lentur sehingga dapat kita bentuk sesuai keinginan, sendok plastik juga mudah untuk dipotong sesuai dengan yang kita inginkan. lalu apa saja yang bisa kita buat dengan limbah sendok plastik ini? Ayo download saja beberapa contohnya. Saya yakin mudah ko proses membuatnya dan yang pasti Berkreasi sendiri membuat Alat Peraga Edukatif lebih menyenangkan.
Contoh karya Kerajonan anak menggunakan media Limbah Sendok Plastik, Download

Sekian yang bisa penulis bagikan pada kesempatan ini menganai 15 Karya Anak Menggunakan edia Limbah Sendok Plastik, mohon maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan, semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya. 

Silahkan Baca Juga :
Download Format Penilaian Bulanan Anak Kurikulum 2013 PAUD, Download
SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN ANAK (Format 1 dan 2), Download



No comments:

Post a Comment